Khamis, 3 November 2011

Uban di kepala

Usahlah resah, sedih dan gelisah oleh bertambahnya uban di kepalamu. Pemberian Allah kepada setiap makhluknya pasti satu pemberian yang istimewa. Uban bukan kehinaan. Uban bukan lambang kelemahan.

Uban adalah Cahaya Bagi Seorang Mukmin Al Baihaqi dalam judul “larangan mencabut uban”. Lalu di dalamnya beliau membawakan hadis dari ‘Abdullah bin ‘Umar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
“Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban –walaupun sehelai- dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah -yang lebih dikenal dengan Ibnu Hibban- dalam kitab Shahihnya menyebutkan pembahasan “Hadis yang menceritakan bahwa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan derajat seorang muslim karena uban yang dia jaga di dunia.”

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari datuknya berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shagir mengatakan bahwa hadis ini shahih)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan